AI email marketing MMI

AI Email Marketing : Transformasi digital marketing untuk masa depan Perusahaan

Email Marketing menjadi salah satu Tools yang masih ampuh pada saat ini untuk melibatkan pelanggan dan mendorong konversi untuk menarik perhatian pelanggan. Namun saat ini telah berubah dengan cepat berkat kemajuan dalam sebuah teknologi AI untuk Email Marketing. Metode yang biasa dilakukan secara tradisional digantikan dengan alat Email Marketing AI yang menawarkan personalisasi, strategi kampanye marketing dan otomatisasi tugas yang lebih efisien.

Apa itu AI Email Marketing ?

Menggunakan AI dalam Email Marketing dengan memanfaatkan algoritma untuk mengubah cara perusahaan membuat, mengirimkan, dan mengoptimalkan kampanye email. AI Email Marketing akan menggunakan data analisis yang modern dan Machine learning untuk memahami perilaku dan preferensi pengguna. Hal ini akan memungkinkan Perusahaan bisa mengirimkan pesan kepada pelanggan yang tepat sesuai dengan segmentasinya.

Generative AI untuk Email Marketing akan membuat Perusahaan lebih baik dengan membuat konten yang dinamis, mulai dari email yang menarik pelanggan hingga design visual yang baik. Tidak hanya itu, Tools tersebut juga bisa mengerjakan task yang sulit untuk dilakukan seperti Journey Orchestration. Journey Orchestration merupakan platform experience yang bisa disesuaikan dengan individual pelanggan berdasarkan perilaku dan preferensi mereka sebelumnya.

Bagaimana cara menggunakan AI dalam Email Marketing

Personalisasi AI : meningkatkan konten email

AI bisa berdampak pada personalisasi untuk marketing menjadi lebih baik dengan menyesuaikan email dan profil data setiap pelanggan yang menerima. Hal ini akan melibatkan analisis data interaksi sebelumnya dengan pelanggan tersebut. Alat AI ini nantinya setiap email akan seperti lebih personal dan relevan dengan menyarankan produk berdasarkan pembelian sebelumnya.

Waktu pengiriman Email Marketing

Teknologi AI dapat membantu menentukan waktu yang tepat untuk mengirimkan Email Marketing. Dengan cara melakukan analisis data history, AI dapat menentukan waktu yang optimal dengan tujuan memaksimalkan rasio membuka dan klik email tersebut dan memastikan bahwa pesan tersebut sampai saat penerima akan melihat.

Otomatisasi konten dan gambar dengan AI

Alat AI ini melakukan analisis tren dan data pengguna, AI menghasilkan baris subjek, teks isi, dan bahkan gambar yang dipersonalisasi sesuai dengan preferensi penerima.

Kampanye Email secara Real-time

AI akan terus memantau perkembangan untuk bisa menyempurnakan kampanye email marketing seara real-time. Dengan meliputi proses uji A/B, AI akan melakukan eksperiment dengan berbagai elemen email untuk identifikasi manakah yang paling efektif.

Segmentasi dengan AI

AI bisa melakukan segmentasi dengan cara memprediksi perilaku dan preferensi pelanggan. Hal ini memiliki tujuan untuk penargetan yang lebih tepat sehingga konten akan disesuaikan dengan penerima pesan tersebut. AI dapat membantu menyempurnakan target strategi email marketing untuk hasil yang lebih baik.

Apakah manfaat menggunakan AI dalam Email Marketing

AI membawa dampak positif terhadap Email Marketing seperti dibawah ini :

  • Personalisasi dalam skala yang besar, AI bisa mengirimkan konten dalam jumlah ribuan hingga jutaan penerima. AI secara efisien menyesuaikan konten berdasarkan perilaku, preferensi dan interaksi individu.
  • Manajemen Kampanye secara otomatis, AI meringankan tugas Perusahaan dengan otomatisasi kampanye email secara rutin. Mulai dari pengujian A/B hingga mengoptimalkan waktu pengiriman.
  • Insight berbasis data, AI bisa memberikan insight terkati hal apa saja yang perlu ditindak lanjut, dengan menganalisis data yang besar, perangkat AI mengidentifikasi yang mana positif maupun negatif.

Metrik Mengukur keberhasilan AI

Menilai dampak AI pada Email Marketing anda focus pada indicator KPI. Berikut dibawah ini :

  • Open Rates : melihat seberapa baik persentase email yang dibuka dari total email yang sudah dikirimkan dengan AI Email Marketing
  • Click-Through Rates (CTR) : smetrik untuk mengukur seberapa banyak orang yang mengklik email dari total yang dikirim.
  • Conversion Rates : mengukur seberapa efektif sebuah email menggunakan AI dapat mengubah penerima menjadi pelanggan.
  • ROI : metrik yang mengukur keuntungan dari kampanye Email Marketing

Kenapa harus Insider untuk AI Email Marketing ?

Insider memberikan Solusi untuk melakukan kegiatan marketing terutama pada email menggunakan teknologi modern yaitu Artificial Intelligence. Berikut alasan Perusahaan anda harus memiliki insider :

  1. Kemampuan AI : platform ini menggabungkan AI generatif dengan AI prediktif untuk meningkatkan aktivitas Email Marketing. Dalam platform insider juga menerapkan Sirius AITM untuk membuat konten secara otomatis.
  2. User friendly : platform yang di sediakan oleh insider juga mudah di gunakan untuk mendesign dan menyesuaikan email tanpa perlu memasukan coding didalamnya.
  3. Dinamis dan personalisasi : personalisasi secara real-time berdasarkan dengan perilaku pelanggan masih banyak yang lainnya
  4. Integrasi langsung Omnichannel : proses Dimana anda bisa mengintegrasikan semua channel yang digunakan, baik secara offline maupun online.
  • Kinerja lebih optimal : platform insider dapat membantu bisnis anda untuk bisa terus berkembang lebih baik dan mengoptimalkan kampanye email marketing

Nah, sudah tahu kan alasan mengapa Perusahaan atau bisnis anda harus menggunakan insider ? Jika anda ingin mengetahui lebih detail dan lengkap, anda bisa menghubungi kami melalui website Mitra Mandiri Informatika atau bisa klik disini!